Pengertian Matematika, lengkap.

Pengertian Matematika

Pengertian Matematika
Matematika merupakan kata yang diambil dari bahasa latin "mathemata" yang mempunyai arti "sesuatu yang dipelajari". Dalam bahasa Belanda, matematika dikenal dengan sebutan "wiskunde" yang mempunyai arti "ilmu pasti". Boleh dikatakan secara umum matematika merupakan sebuah ilmu pasti yang berkaitan dengan penalaran. Matematika menjadi salah satu ilmu yang mendasari kehidupan manusia. Sejak ditemukannya, matematika selalu berkembang secara dinamis seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan ilmu matematika ini tidak pernah berhenti karena matematika sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sempurna. Karena sebegitu pentingnya matematika dalam segala aspek kehidupan manusia, sebelum kita mempelajari secara detail tentang matematika, kita harus mengetahui terlebih dahulu ,matematika berdasar pendapat ahli maupun matematika dilihat dari sisi kurikulum yang menjadi acuan setiap anak didik dalam mempelajari matematika.


Pengertian Matematika menurut para ahli
Pengertian Matematika menurut para ahli
  1. Kurikulum 2004
  2. Matematika adalah bahan kajian yang mempunyai objek berbagai bentuk dan disusun melalui proses penalaran deduktif, yang mempunyai makna kebenaran suatu konsep didapatkan sebagai akibat logis dari kebenaran yang telah terungkap sebelumnya dan bisa diterima dan dipertanggungjawabkan sehingga ada keterkaitan antara konsep dalam matematika yang bersifat sangat kuat jelas.
  3. Kurikulum 2006
  4. “Matematika adalah ilmu universal yang menjadi dasar perkembangan teknologi modern, mempunyai peran yang sangat penting dalam berbagai disiplin ilmu dalam meningkatkan kemajuan daya pikir manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa pesatnya perkembangan di semua bidang serta disiplin ilmu terutama bidang teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini sangat didasari oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan diskrit. Untuk lebih dapat mengusai dan menciptakan teknologi di masa yang akan datang sangat diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak awal.
  5. Suwarsono
  6. “Matematika adalah suatu disiplin ilmu yang mempunyai sifat khusus yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang yang tidak lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari, serta proses berpikir dibatasi oleh aturan-aturan baku yang sangat ketat.
  7. Kline(1973)
  8. Matematika bukan merupakan aturan tersendiri yang bisa sempurna karena dirinya sendiri, tapi bagaimana matematika dapat membantu dalam memahami dan mengatasi masalah alam, sosial dan ekonomi. Logika dasar matematika adalah perkembangan permasalahan manusia itu sendiri.
  9. Suherman(2003)
  10. Matematika merupakan satu disiplin ilmu bagaimana cara berfikir dan mengolah logika secara kuantitatif maupun kualitatif.
  11. Abdurrahman(2002)
  12. Matematika merupakan bahasa simbolis yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan kuantitatif dan keruangan.Fungsi teoritisnya untuk mempermudah dalam berfikir.
  13. Andi Hakim Nasution
  14. Matematika adalah struktur ilmu yang meliputi dasar perhitungan,pengukuran dan pengambaran obyek tertentu.
  15. Hudoyo
  16. matematika berkenaan dengan ide, aturan, hubungan yang diatur secara logis sehingga matematika mempunyai keterkaitan dengan konsep abstrak.
  17. Soedjadi
  18. Soedjadi berpendapat bahwa matematika adalah pengetahuan yang bersifat eksak dengan objek abstrak yang meliputi prinsip, konsep, serta operasi yang berhubungan dengan suatu bilangan.
  19. Johnson dan Rising
  20. Menurut johnson dan rising matematika merupakan pola pikir, pembuktian secara logik, pola mengorganisasikan, matematika ialah suatu bahasa dengan menggunakan istilah yang didefinisikan secara akurat, cermat, serta jelas, representasinya dengan simbol serta padat, lebih berupa sebuah simbol tentang ide dibandingkan tentang bunyi.
  21. James dan james
  22. Matematika ialah suatu ilmu mengenai tentang logika bentuk, besaran, dan susunan, dan juga berbagai macam konsep yang mempunyai hubungan satu sama lain dengan jumlah banyak yang terbagi secara, antara lain aljabar, analisis, dan geomateri.

Komponen penting yang dipelajari pada matematika
  1. Besaran.
  2. Struktur.
  3. Ruang.
  4. Perubahan.

Cabang ilmu matematika
  1. Arimatika.
  2. Aljabar.
  3. Statistika.
  4. Geometri.
  5. Kalukulus.
  6. Probabilitas.
  7. Trigonometri.
  8. Matematika Aplikasi.
  9. Matematika Komputasi.
  10. Matematika Diskrit.
  11. Matematika Ekonomi.
Itulah berbagai sumber tentang pengertian matematika. Semoga kita dapat memahami arti dasar matematika dan dapat kita pelajari untuk kehidupan di masa yang akan datang.