Pengertian Banjir, Macam-Macam Banjir, Akibat Banjir

Pengertian Banjir


Banjir merupakan suatu bencana alam yang sering terjadi di berbagai belahan dunia dalam skala yang berbeda-beda, dimana air dengan jumlah yang banyak atau berlebih biasanya berada di daratan yang kering. Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian banjir adalah air dengan jumlah banyak dan juga deras, kadang-kadang meluap. Hal itu biasanya terjadi karena pengaruh banyaknya jumlah air yang ada di sungai, danau, ataupun daerah yang terkena aliran air lainnya yang sudah melebihi kapasitas normal, akibatnya terjadi pemampatan sehingga air menjadi meluber.

Secara umum banjir merupakan hal yang buruk. Hal ini karena banjir yang selalu berkaitan dengan hal-hal yang bersifat merugikan sehingga banjir dapat disebut sebagai bencana alam. Banjir dapat mengakibatkan kerusakan yang parah, khususnya pada daerah-daerah yang penduduknya padat dan dekat dengan bantaran sungai atau daerah yang terkena banjir periodik.

Banjir bisa diartikan sebagai suatu peristiwa yang terjadi karena tidakmampunya aliran air untuk menampung air dan berakibat merendam suatu daratan. Meski kerusakan yang diakibatkan dari bencana banjir masih bisa kita hindari dengan cara pindah ketempat yang lebih tinggi atau dengan menjauh dari sungai, danau, atau aliran air lainnya. Kebanyakan orang lebih memilih menetap serta bekerja didekat daerah aliran air tersebut guna untuk mencari nafkah dan juga untuk memanfaatkan biaya murah. Kebanyakan orang masih terus menetap atau tinggal di wilayah yang rawan dengan bencana banjir, hal ini merupakan sebuah bukti bahwa nilai menetap di wilayah yang rawan dengan banjir lebih besar dibandingkan biaya kerusakan atau kerugian akibat bencara banjir periodik. Untuk lebih lengkapnya, berikut macam-macam banjir.

Macam-macam Banjir

Terdapat macam-macam banjir yang disebabkan karena beberapa faktor, antara lain :
  1. Banjir Air
  2. Banjir air merupakan bencana banjir yang sering kali terjadi. Penyebab terjadinya banjir air dikarenakan meluapnya air di selokan, sungai, danau, atau aliran air yang lainnya sehingga air tersebut naik dan menggenangi daratan. Biasanya banjir air terjadi karena disebabkan hujan yang terjadi secara terus-menerus sehingga mengakibatkan aliran air tersebut tidak mampu lagi menampung air yang telah melebihi batasnya atau berlebih.
  3. Banjir Bandang
  4. Banjir bandang merupakan bencana banjir yang mengangkut air dan juga mengagkut lumpur. Banjir bandang merupakan banjir dengan tingkat kebahayaan yang tinggi dibandingkan dengan banjir air biasa, hal ini karena akan sulit untuk menyelamatkan diri. Banjir bandang mampu menghanyutkan benda-benda dan memiliki daya rusak yang amat tinggi jika dibandingkan dengan banjir biasa. Banjir bandang pada umumnya terjadi di daerah pegunungan yang tanah pegunungan itu seolah-olah longsor karena adanya pengaruh air hujan yang ikut terbawa air ke daerah daratan yang lebih rendah. Banjir bandang mampu menghanyutkan pohon yang berukuran sangat besar sehingga bisa merusak pemukiman warga yang terkena banjir bandang.
  5. Banjir Lumpur
  6. Banjir lumpur ialah banjir yang hampir mirip dengan banjir bandang, namun lumpur dari banjir lumpur keluar dari dalam perut bumi sehingga bisa menggenangi daratan. Lumpur tersebut terkadang mengandung bahan serta gas kimia yang berbahaya.
  7. Banjir Rob (Laut Pasang)
  8. Banjir rob merupakan banjir yang terjadi karena pasang air laut. Banjir rob biasanya melanda kota muara baru di kota Jakarta. Pasang air laut akan menahan air sungai yang menumpuk, sehingga dapat menjebol tanggul dan menggenangi daratan.
  9. Banjir Cileunang
  10. Banjir cileunang adalah suatu banjir yang menyerupai dengan banjir air akan tetapi banjir cileunang terjadi karena hujan yang sangat deras dan jumah debit air yang banyak. Terjadinya banjir cileunang sangatlah cepat, hal ini karena hujan yang terjadi sangat deras sehingga dapat terjadi dalam waktu yang sangat singkat dan cepat.
  11. Banjir Lahar
  12. Pengertian banjir lahar ialah banjir yang disebabkan karena lahar gunung berapi masih aktif saat gunung meletus atau mengalami erupsi. Dari proses erupsi tersebut, gunung bakal mengeluarkan lahar dingin yang bisa menyebar ke lingkungan di sekitarnya. Air yang terdapat pada sungai atau danau bisa mengalami pendangkalan sehingga akan terjadi banjir.

Penyebab Banjir

Saat bencana banjir, banyak orang yang kehilangan harta benda mereka. Bahkan hingga merenggut nyawa seseorang atau korban jiwa. Oleh sebab itu, sebaiknya mengetahui apa yang menyebabkan banjir terjadi, supaya kita dapat mengambil langkah tepat untuk mencegah bencana banjir yang terjadi tersebut. Berikut penyebab banjir yang harus Anda ketahui.
  1. Penebangan hutan liar
  2. Penebangan hutan secara liar yang mengakibatkan hutan gundul merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir. Hal ini karena, akar pohon berfungsi untuk menyerap air. Oleh sebab itu, jika pohon-pohon hilang maka akan sangat mudah untuk terjadi bencana banjir.
  3. Pemukiman di bantaran sungai atau aliran air
  4. Pemukiman yang berada di bantaran sungai bisa mengakibatkan sungai itu menjadi rentan karena terjadi pendangkalan pada sungai. Pendangkalan di sungai terjadi karena kebiasaan kita untuk membuang sampah ke sungai, jadi mulai sekarang jangan pernah lagi membuang sampah disungai, karena yang terkena imbasnya adalah kita sendiri dan itu merupakan tindakan yang tidak terpuji.
  5. Dataran Rendah
  6. Daerah yang bertempat di dataran rendah bisa mendrong terjadinya banjir, hal ini karena luapan air berlebih yang mengalir dari dataran tinggi menuju ke dataran rendah sehingga beresiko terkena banjir.
  7. Buang sampah sembarangan
  8. Salah sistem kelola tata ruang
  9. Penyebab banjir yang satu ini terjadi karena air sulit untuk menyerap serta alirannya yang lambat. Sementara itu air yang datang ke wilayah tersebut berjumlah lebih banyak dari biasanya dialirkan sehingga berdampak dengan cepat terjadinya banjir.
  10. Curah hujan tinggi
  11. Penyebab banjir yang satu ini karena faktor cuaca. Apabila ada suatu daerah yang bercurah hujan tinggi dan terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu lama, memiliki resiko besar untuk terjadi banjir terlebih lagi jika daerah tersebut berada di dataran rendah.
  12. Tsunami
  13. Tsunami merupakan jenis banjir air laut yang sangat besar. Tsunami merupakan salah satu penyebab banjir yang sangat-sangat merugikan. Tsunami pada umumnya terjadi karena ada pergeseran dari lapisan lempeng bumi. Tingginya gelombang dari tsunami itu dapat membanjiri daerah-daerah yang ada di sekitarnyadengan mudah sehingga menimbulkan banyak kerugian dan korban jiwa.

Akibat Banjir

  1. Berkembangnya berbagai macam bibit-bibit penyakit
  2. Harta benda menjadi hilang
  3. Fasilitas umum menjadi rusak
  4. Mengakibatkan timbulnya korban jiwa

Posting Komentar