Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, dan Bidang Akuntansi, Lengkap!

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Akuntansi merupakan terjemahan dari kata accounting, yang bila kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti menghitung. Akuntansi dalam dunia usaha bisa dikatakan sebagai bahasa bisnis karena hampir seluruh kegiatan bisnis didunia baik perorangan ataupun perusahaaan besar menggunakan akuntansi untuk menghitung serta untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan.

Akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan data, mencatat transaksi apapun yang berhubungan dengan keuangan sehingga informasi yang didapat tersebut digunakan oleh orang yang berkompeten dengan informasi tersebut, serta informasi tersebut sebagai bahan pengambilan suatu keputusan.

Dari uraian diatas, pengertian akuntansi adalah suatu kegiatan dalam mengidentfikasikan, menghitung, mengelompokkan dan menilai sebuah kejadian yang berhubungan dengan keuangan atau kegiatan yang dapat menghasilkan data kuantitatif serta data kualitatif terutama yang bersifat keuangan dan digunakan dalam pengambilan keputusan (Amin W. 1997).

Secara umum Akuntansi adalah sistem informasi yang dapat dipertanggungjawabkan untuk memberi laporan yang berhubungan dengan keuangan kepada pihak yang membutuhkan serta memberikan informasi tentang kondisi perusahaaan secara ekonomi.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
  1. Abu Bakar A dan Wibowo.
  2. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan semua transaksi ekonomi perusahaan.
  3. Paul Grady.
  4. Akuntansi adalah sebuah body of knowledge serta mempunyai fungsi organisasi secara tersusun, orisinil, otentik, menganalisa dan menafsirkan seluruh kejadian dan transaksi serta analisa keuangan yang akan terjadi dalam kegiatan akuntansi untuk menyediakan informasi yang diutuhkan manajemen tentang semua laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.
  5. Kieso dan Weygandt.
  6. Akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang dimulai dari menklasifikasi, pencatatan dan mengkomunikasikan segala kejadian ekonomi dari organisasi atau perusahaan ke pihak yang mempunyai kepentingan atas informasi tersebut.
  7. Accounting Principle Board.
  8. Akuntansi adalah suatu aktivitas atau kejadian jasa untuk menyajikan informasi yang bersifat kuantitatif dimana informasi tersebut berupa tolok ukur materi mengenai suatu badan ekonomi yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam memilih alternatife kebijakan ekonomi yang harus diambil.
  9. American Institute of Certified Public Accountant.
  10. Akuntansi adalah suatu seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola proses tertentu dalam ukuran moneter, transaksi serta kejadian yang bersifat keuangan dan menyimpulkan hasil dari penilaian tersebut.
  11. Kohler’s Dictionary.
  12. Akuntansi adalah suatu seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.
  13. West Churman.
  14. Akuntansi adalah pengalaman tertulis yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan yang diambil dalam sebuah perusahaan.
  15. American Accounting Association.
  16. Akuntansi adalah sebuah proses pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran dan laporan keuangan dari suatu organisasi yang dijadikan suatu informasi dalam pengambil keputusan ekonomi oleh pihak yang membutuhkan.
  17. Sophar Lumbantoruan.
  18. Akuntansi adalah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami jika mekanisme akuntansi telah dimengerti.
  19. Dr. M.Gede.
  20. Akuntasi adalah sutu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan dan sisitemnya, pengolahannya dan analisa catatan tersebut dapat tersusun dalam bentuk laporan keuangan sebagai suatu alat pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap hasil kerjanya.
  21. Keputusan Menteri Keuangan.
  22. Akuntansi adalah sebuah proses penngumpulan, penganalisaan, pengklarifikasi, pencatatan, pelaporan, dan perigkasan terhadap transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan bagi yang membutuhkan informasi tersebut dan digunakan untuk pengambilan suatu keputusan.
  23. Warren dkk.
  24. Akuntansi adalah sistem informasi yang menyetorkan atau menghasilkan laporan keuangan kepada pihak pihak yang terkait atau pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi suatu perusahaan.
  25. Arnold.
  26. Akuntansi sebagai suatu sisitem yang digunakan untuk memberikan suatu informasi khususnya informasi keuangan kepada siapapun yang membutuhkan informasi terutama pada pihak pengambil keputusan dan pihak yang mengendalikan.
  27. Rudianto.
  28. Akuntansi adalah sistem informasi yang menyetorkan atau menghasilkan laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak terkait dan berkepentingan dengan kegiatan ekonomi serta keadaan badan usaha tertentu.

Fungsi Akuntansi

Fungsi Akuntansi
Fungsi akuntansi yang utama adalah sebagai media informasi khususnya informasi keuangan suatu organisasi atau perusahaan, karena dari informasi tersebut dapat diperoleh suatu laporan ekonomi dimana kita dapat mengetahui kondisi ekonomi suatu oraganisasi ataupun badan usaha, serta mengetahui perubahan yang terjadi dalam organisasi tersebut. Akuntansi dapat memberikan informasi data kuantitatif dengan ukuran uang. Informasi tentang kondisi keuangan organisasi atau perusahaan sangat dibutuhkan oleh pihak pembuat keputusan dalam pengambilan kebijakan ekonomi untuk pihak didalam organisasi ataupun pihak diluar organisasi ataupun badan usaha tersebut.

Akuntansi dapat menjadi alat yang memaparkan tentang apapun kondisi yang terjadi dalam perusahaan khususnya yang berhubungan dengan pihak keuangan perusahaan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa ada dua macam informasi yang dapat diberikan terkait proses akuntansi. Yang pertama informasi tentang nilai perusahaan dan yang kedua informasi yang menjelaskan tentang untung rugi perusahaan.

Kedua Informasi Tersebut Berguna untuk
  1. Mengetahui berapa keuntungan atau kerugian perusahaan dalam suatu periode tertentu.
  2. Mengetahui keuntungan bersih perusahaan setelah dikurangi biaya operasional.
  3. Mengetahui besarnya modal perusahaan serta investasi yang dapat dilakukan perusahaan sehubungan dengan laba perusahaan.
  4. Sebagai sarana perusahaan dalam mencari tambahan modal bagi perluasan usaha.
  5. Sebagai media untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.
  6. Sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada investor pasar saham untuk bisa mencatatkan saham perusahaan di pasar saham.
  7. Sebagai sarana bagi perusahaan untuk mengambil keputusan guna kebutuhan perusahaan dimasa selanjutnya.

Didalam proses akuntansi, terdapat banyak aktivitas baik aktivitas yang sangat penting ataupun aktiitas yang dirasa tidak begitu penting tapi pada dasarnya juga penting.

Mari kita pelajari tentang kegiatan atau aktivitas utama dari proses akuntansi itu sendiri

Aktifitas Utama Akuntansi
  1. Aktifitas Identivikasi
  2. Yaitu suatu kegiatan dalam proses akuntansi dengan melakukan pengenalan segala transaksi yang ada di dalam perusahaan.
  3. Aktifitas Mencatat
  4. Yaitu suatu kegiatan atau aktivitas dalam proses akuntansi yang dilakukan dengan cara mencatat seluruh transaksi yang terjadi sacara teliti, sistematis dan berurutan.
  5. Aktifitas Komunikasi
  6. Yaitu kegiatan yang diambil terkait dengan adanya suatu laporan akuntansi. Informasi tersebut dalam bentuk laporan keuangan yang digunakan oleh semua pengguna laporan keuangan perusahaan ataupun pihak yang mempunyai kepentingan baik pihak intern perusahaan ataupun pihak diluar perusahaan.

Ilmu Akuntansi sendiri sangat luas cakupan ilmunya, akuntansi digunakan di seluruh transaksi perusahaan dan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Bidang-bidang Akuntansi

Bidang-bidang Akuntansi
Bidang-bidang Akuntansi
  1. Akuntansi Keuangan
  2. Didalam akuntansi keuangan ini mencakup segala pencatatan transaksi-transaksi dalam perusahaan tanpa terkecuali dan melakukan penyusunan laporan secara berkala, dimana dengan laporan tersebut dapat memberikan informasi penting dan bermanfaat bagi pemilik perusahaan serta investor yang tertarik dengan kinerja perusahaan tersebut.
  3. Akuntansi Auditing
  4. Bidang akuntansi auditing ini merupakan akuntansi yang meliputi pemeriksaaan laporan keuangan melalui catatan akuntansi secara bebas, tanpa rahasia. Laporan akuntansi haruslah dapat diuji kebenarannya melalui auditor independent supaya dihasilkan informasi yang benar benar jujur dan berimbang.
  5. Akuntansi Manajemen
  6. Akuntansi manajememn merupakan bidang akuntansi yang menggunakan data historis serta data taksiran dalam membantu pihak manajemen merencanakan operasional perusahaan di masa yang akan datang.
  7. Akuntansi Perpajakan
  8. Meliputi penghitungan semua laporan pajak dalam memberikan solusi ataupun pertimbangan kepada perusahaaan dalam menghitung besaran pajak.
  9. Akuntansi Budgeting
  10. Bidang akuntansi yang dilakukan untuk merencanakan segala aktivitas keuangan ataupun kebutuhan anggaran perusahaan dalam satu periode tertentu serta memberikan perbandingan pada pihak perusahaaan untuk menghitung proyeksi anggaran dengan biaya operasional yang benar-benar harus dikeluarkan perusahaan.
  11. Akuntansi Nirlaba
  12. Akuntansi untuk organisasi nirlaba dilakukan untuk mencatat segala aktivitas organisasi yang tidak mencari keuntungan, seperti organisasi sosial dan keagamaan.
  13. Akuntansi Biaya
  14. Bidang akuntansi bertugas untuk menekankan pemakaian dan penentuan biaya, serta mengendalikan biaya tersebut pada suatu perusahaan industri.
  15. Sistem Akuntansi
  16. Yang dimaksud dengan sistem akuntansi adalah teknik atau metode dengan cara mencatat dan mengolah data akuntansi yang berguna untuk memperoleh pengendalian internal yang baik, dimana pengendalian internal dimaksud dengan sebuah sistem yang bertugas untuk mengendalikan dengan diperoleh karena adanya struktur organisasi yang membagi tugas serta segala sumber daya manusia yang cakap dengan praktek yang sehat.
  17. Akuntansi Sosial
  18. Akuntansi sosial adalah bidang pada akuntansi yang paling terbaru dan lumayan sulit untuk dijelaskan pengertiannya karena akuntansi sosial menyangkut dana kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian maka telah selesai pembahasan kita mengenai pengertian akuntansi, fungsi akuntansi, dan bidang-bidan akuntansi. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang lain pada blog ini, agar wawasanmu bertambah.
  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. terima kasih ini sangat membantu

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. bermanfaat sekali ilmunya jangan lupa mampir ya ke https://carakunulis.com/

    BalasHapus
  6. Jangan lupa gan mampir di seputar ilmu Akuntansi

    BalasHapus
  7. makasih udah berbagi infonya yah kak

    Elever

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh penerbit

    BalasHapus
  9. Terimakasih informasinya, kunjungi juga:

    akuntansimandiri.blogspot.com >> materi akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, pajak, dan audit serta ebook gratis

    yukbelireksadana.blogspot.com >> informasi tentang investasi reksadana dan tips dan trik investasi reksadana bagi pemula

    BalasHapus
  10. artikelnya sangat membantu.
    kita juga ada tips agar lebih termotivasi untuk mendalami akuntansi.
    http://www.krishandsoftware.com/blog/433/tips-belajar-akuntansi-dengan-mudah-dan-efektif/

    BalasHapus
  11. saya dulu kuliah manajemen, meski begitu saya tetap belajar akuntansi Free Download Mp3 India

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. ikuti permainan pohon4d dan dapatkan banyak bonus. menang ataupun kalah tetap dapat bonus! agen betting terpercaya

    BalasHapus
  14. Dalam akuntansi ada 10 prinsip yang perlu diketahui oleh seorang akuntan
    https://www.krishandsoftware.com/blog/958/pengertian-10-prinsip-akuntansi/

    BalasHapus
  15. Sebagai pengguna smartphone android pastinya anda akan selalu ketagihan dengan fitur-fitur aplikasi maupun game yang tersedia di Google Play Store. Banyaknya aplikasi yang tersedia membuat penggunanya ingin selalu mengunduh semua yang disajikan di Play Store
    Cara Memindahkan Saldo Google Play ke Pulsa Ufa Bunga SMartphone

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  17. Revaluasi Aktiva Tetap
    https://www.krishandsoftware.com/blog/1284/pengertian-revaluasi-aktiva-tetap/

    BalasHapus
  18. Pengkodean daftar perkiraan
    https://www.krishandsoftware.com/blog/1310/pengkodean-perkiraan-perusahaan/

    BalasHapus
  19. Pg สล็อต เว็บตรง ทาง เข้า เล่น เล่น พีจีสล็อต ที่ครอบครองใจคนทั่วทั้งประเทศสูงที่สุด เพราะว่ามีเกมออนไลน์จากค่ายชั้นหนึ่งมากมายก่ายกอง ให้เลือกเล่นพนันบนเว็บไซต์ไซต์

    BalasHapus
  20. Terimakasih Sharingnya sangat bermanfaat
    untuk pembahasanmengenai akuntansi terutama daftar perkiraan mungkin link berikut bisa menjadi tambahan referensi

    https://www.krishandsoftware.com/blog/1602/chart-of-account-dalam-akuntansi/

    BalasHapus