Pengertian Agama Menurut para Ahli dan Asal-usul Agama, Lengkap!

Pengertian Agama

 Pengertian Agama

Agama,secara arti kata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah suatu sistem yang mengatur tata keimanan serta peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta aturan atau tata kaidah yang memiliki hubungan dengan pergaulan manusia dengan manusia,manusia dengan Penciptanya serta manusia dengan lingkungannya. Kata "agama" merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Sansekerta berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini ialah religi yang berasal dari bahasa Latin religio serta berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang telah mengikat dirinya kepada Tuhan.

Agama adalah suatu aturan terorganisir yang terdiri dari kepercayaan, sistem budaya, serta pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan. Beragam agama memiliki catatan, simbol, dan kesucian yang mana digunakan untuk menjelaskan makna dari hidup itu sendiri dan menjelaskan asal usul kehidupan, manusia dimasa yang lalu ataupun terciptanya alam semesta. Dari keyakinan mereka tentang kosmos dan sifat manusia, setiap orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama atau gaya hidup yang disukai. Menurut beberapa perkiraan, ada sekitar 4.200 an agama di dunia.Tapi agama yang terkenal di Indonesia cuma ada 6 agama yaitu: Islam, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Seperti contohnya pengertian matematika, dan pengertian fisika,  pengertian agama juga suatu pembelajaran yang tidak kalah penting dari pembelajaran-pembelajaran yang lain contoh dari pengertian pelajaran diatas. Hal ini karena banyak agama telah terbukti mampu untuk mengorganisir perilaku, kependetaan, menjabarkan tentang apa itu kepatuhan atau keanggotaan, tempat-tempat suci, serta juga kitab suci. Praktek agama juga dapat mencakup ritual, khotbah, pemujaan tuhan, dewa atau dewi, pengorbanan, festival, pesta, trance, inisiasi, jasa penguburan, layanan pernikahan, meditasi, doa, musik, seni, tari, layanan masyarakat atau aspek lain dari budaya manusia. Agama juga mengandung mitologi. Agar lebih lengkap mari kita membaca Asal-usul agama.

Asal-usul Agama

 Asal-usul Agama
Terbentuknya suatu Agama (Kristen, Yahudi, dan Islam) memiliki sejarah atau asal usul yang sama yaitu dari asal usul Bangsa Semit. "Bangsa Semit berasal dari Jazirah Arab". Kata Arab yang pertama kali muncul pada abad ke-9 sebelum masehi. Bangsa Arab tidak semua terdiri oleh orang-orang Islam, tapi juga ada orang Kristen dan orang Yahudi. Beberapa buktinya adalah adanya perabadan Nabath yang didirikan oleh bangsa Arab beragama Kristen.

Kristen, Yahudi, dan Islam mempunyai latar belakang yang sama, dapat dibuktikan dari adanya Kitab Agama Islam, Kitab Agama Kristen (Perjanjian lama), ditulis dalam suatu rumpunan yang sama yaitu dari bahasa Semit. Salah satu isi dari perjanjian lama kata "Tuhan" yang mempunyai arti yang sama dengan kata "Allah" yang di maksud oleh kaum Muslim (kata "Allah" berarti Tuhan).

Bangsa Indo - Eropa percaya ada banyak Dewa pada masa itu. Sementara Bangsa Semit juga menjadikan ciri khas Bangsa Semit disatukan dengan kepercayaan satu Tuhan (Monoteisme). Agama Islam, Yahudi, dan Kristen mempunyai gagasan dasar yang sama yaitu percaya kepada satu Tuhan (Monoteisme). Bangsa Semit mempunyai pandangan yang Linier terhadap sejarah, seperti sebuah garis lurus dimana garis itu merupakan lambangan terciptanya Dunia adalah awal dari kehidupan dan kiamat sebagai akhir dari kehidupan.

Di Zaman sekarang kota jerusalem adalah kota yang dianggap penting bagi ketiga agama tersebut. ini juga merupakan suatu bukti bahwa ketiga agama tersebut berasal dari satu asal yang sama. Di kota jerusalem tersebut terdapat berbagai Sinagog (Yahudi), Greja ( Kristen), dan juga Mesjid (Islam) yang terkemuka atau terkenal. Oleh karena itu sungguh disayangkan bahwa kota jerusalem menjadi tempat sumber pertikaian dimana semua orang saling membunuh satu dengan yang lain serta berlomba-lomba untuk memperebutkan kota bersejarah ini. Agar lebih lengkap mari kita baca pengertian agama menurut para ahli.

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

 Pengertian Agama Menurut Para Ahli
  1. prof Dr.m. Drikarya.
  2. Agama adalah suatu kenyakinan karena adanya kekuatan supranatural yang mengatur serta menciptakan alam dan seisinya.
  3. Émile Durkheim.
  4. Agama adalah suatu sistem yang terdiri dari kepercayaan serta praktik yang memiliki keterhubungan dengan hal yang suci dan juga menyatukan semua penganutnya dalam suatu komunitas moral yang di sering disebut dengan umat.
  5. H. Moenawar Chalil.
  6. Agama adalah perlibatan tingkah laku manusia dalam melakukan hubungan dengan kekuatan supranatural sebagai konsekuensi atas pengakuannya.
  7. Jappy Pellokild.
  8. Agama adalah percaya dengan adanya tuhan yang maha esa serta mempercayai hukum-hukumnya.
  9. Hendro Puspito.
  10. Agama adalah suatu sistem nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan alam semesta yang memiliki keterkaitan dengan keyakinan.
  11. KBBI
  12. agama adalah suatu sistem yang mengatur semua tata keimanan atau kepercayaan dan peribadatan hanya kepada Tuhan yang maha kuasa beserta kaidahnya-kaidahnya yang berkaitan dengan pergaulan manusia.
  13. Luckmann
  14. agama adalah suatu kemampuan organisme yang dimiliki oleh manusia agar mampu untuk mengangkat alam biologisnya, dapat dilakukan melalui cara pembentukan alam-alam maknawi yang objektif, dan mempunyai daya ikat moral serta melingkupi.
  15. Anthony F.C . Wallace
  16. agama adalah suatu perangkat upacara yang diberikan rasionalisasi melalui adanya mitos dan juga menggerakkan sebuah kekuatan supranatural dengan maksud agar mampu tercapai perubahan kondisi pada alam dan manusia.
  17. Parsons dan Bellah
  18. agama adalah suatu tingkatan yang paling tinggi dan paling umum dari kebudayaan manusia.

Baiklah, dengan demikian maka selesai sudah pembahasan kita mengenai arti atau pengertian agama dan asal-usul agama, baca juga artikel menarik lainnya dalam blog ini untuk menambah wawasan kamu.
  1. Mantap 🤘🤘
    saya suka dengan pendapat ini

    BalasHapus
  2. bagaimana agama menurut prespektif Al-Farabi?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terima kasih informasinya mengenai Pengertian Agama sangat bermanfaat, semoga menjadi tambahan khazanah pengetahuan.

    BalasHapus
  5. Semoga Allah memberikan Hidayah kepada kita semua.

    BalasHapus
  6. permainan dengan uang asli dan dapat hadiah dengan uang asli hanya di padang toto , website game online terbesar dan terpercaya

    BalasHapus