15 Pengertian Fisika, Lengkap!

Pengertian Fisika


 Pengertian Fisika

Kata Fisika berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “ALAM”. Fisika merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam atau IPA. Selain itu, fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat serta gejala pada benda-benda alam. Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mendasar, di karenakan memiliki hubungan dengan perilaku dan struktur benda, khususnya pada benda mati. Menurut sejarah, fisika adalah bidang ilmu yang paling tua, karena dimulai dengan pengamatan-pengamatan darii gerakan benda-benda langit, bagaimana lintasannya, periodenya, usianya, dan lain-lain. Fisika telah berkembang sejak zaman Galileo dan zaman Newton. Galileo mampu merumuskan hukum tentang benda yang jatuh, sedangkan Newton mampu mempelajari tentang gerak pada umumnya, misalnya gerak planet pada sistem tata surya.

Pada zaman modern seperti ini, ilmu fisika sangat berpengaruh dalam mendukung perkembangan teknologi, komunikasi, industri, biologi, kedokteran, kimia, dan lain sebagainya. Dengan adanya ilmu fisika yang mampu menjawab dalam mengatasi berbagai pertanyaan tentang fenomena alam. Bidang fisika secara garis besar terbagi atas 2 kelompok, antara lain fisika klasik dan fisika modern. Fisika klasik bersumber terhadap berbagai gejala yang ditangkap oleh indra manusia. Fisika klasik antara lain : bunyi, panas, mekanika, optika, listrik magnet, serta gelombang yang menjadi perbatasan fisika klasik dengan fisika modern. Sedangkan fisika modern telah berkembang sejak abad ke-20, sejak adanya penemuan tentang radioaktivitas oleh keluarga Curie serta teori relativitas Einstein. Berikut pengertian menurut para ahli.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli
  1. KBBI
  2. Menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia menyatakan bahwa fisika adalah suatu ilmu yang mengenai zat sertaa energi seperti cahaya, panas, bunyi, dan lain sebagainya.
  3. Ensiklopedia
  4. Fisika merupakan ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang benda beserta dengan gerakannya dan juga manfaatnya bagi kehidupan.
  5. Bambang Ruwanto
  6. Fisika merupakan salah satu bagian dari ilmu dasar dan merupakan ilmu yang fundamental.
  7. Efrizon Umar
  8. Fisika adalah salah satu ilmu yang berdasarkan berbagai besaran-besaran dalam ilmu fisika.
  9. Mikrajudin
  10. Mikrajudin berpendapat bahwa fisika adalah cabang paling utama pada ilmu sains, hal ini dikarenakan bahwa prinsipnya merupakan dasar atas setiap cabang sains.
  11. Young, Hough D
  12. Fisika merupakan ilmu yang paling dasar dari ilmu-ilmu pengetahuan lain.
  13. Osa Pauliza
  14. Fisika merupakan sesuatu yang bisa untuk diukur serta mempunyai nilai-nilai yang dinyatakan ke dalam bentuk satuan.
  15. Brockhaus
  16. Fisika merupakan pelajaran yang mengenai tentang kejadian alam yang mampu untuk memungkinkan percobaan, penelitian, pengukuran apa yang didapat, berdasarkan peraturan umum, dan juga penyajian secara sistematis.
  17. Gerthsen
  18. Fisika sebagai teori yang mendeskripsikan mengenai berbagai gejala alam hingga sesederhana mungkin serta berusaha untuk menemukan hubungan antara kenyataannya. Permasalahan dasar guna memecahkan persoalannya menggunakan cara mengamati gejala tersebut.
  19. Dahmen
  20. Fisika sebagai uraian tertutup tentang berbagai kejadian fisis yang didasarkan pada hukum dasar.
  21. Deruxes
  22. Fisika sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berusaha untuk menguraikan serta menjelaskan hukum alam dan berbagai kejadian alam dengan suatu gambaran menurut pemikiran manusia.
  23. Weizacher
  24. Fisika sebagai teori peramaian untuk berbagai alternatif yang secara empiris dengan percobaan yang bisa dibedakan.
  25. E.Budikase dan Nyoman
  26. Fisika adalah ilmu yang banyak untuk memerlukan pemahaman dibandingkan dengan penghafalan.
  27. Kusuma
  28. Fisika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang gejala alam yang terjadi pada energi atau materi yang menempati ruang serta mempunyai massa. Fisika adalah salah satu cabang IPA yang mempelajari mengenai tentang gejala alam keseluruhan.
  29. Drs. Supiyanto, M. Si.
  30. Ilmu Fisika adalah ilmu fundamental yang menjadi tulang punggung perkembangan pada ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa pengertian fisika menurut para ahli, sebaiknya kita harus lebih mendalami tentang pengertian fisika, agar mudah untuk melanjutkan kejenjang pendidikan fisika yang lebih tinggi.

Posting Komentar