15 Manfaat Bersepeda yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda. yang baik bagi kesehatan tubuh menjadikan olahraga ini menjadi olahraga yang diminati oleh banyak orang. Hampir setiap hari kita dapat melihat orang yang berolahraga menggunakan sepeda. Sepeda ditemukan pertama kali pada abad ke-19 dan ditemukan di benua Eropa. Kemudian sepeda mulai menyebar ke Amerika Serikat dan sekarang telah menyebar diseluruh dunia. Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bersepeda

  1. Membakar Kalori.
  2. Membakar Kalori.
    Bersepeda dapat membakar kalori sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, jika kita mengiginkan 400 kalori per jam kita harus bersepeda dengan kecepatan 10-11 mph , dan jika kita mengiginkan 700 kalori yang berkurang dalam sekali bersepeda maka kita harus bersepeda di gunung dan juga bermedan yang berat selama 1 jam. Hanya membutuhkan waktu setengah jam perhari dengan bersepeda dan memakai kecepatan yang sedang, kita bisa membakar lemak sebanyak 5 kg selama 1 tahun
  3. Memperkuat Otot.
  4. Memperkuat Otot.
    Setiap putaran pedal mampu mencairkan lemak dan memperkuat otot pantat, paha, betis, telapak dan kaki. Bersepeda di atas medan yang bergelombang atau menanjak dapat melatih tubuh atas, hal ini dikarenakan lebih banyak berat tubuh kita didukung oleh lengan dan bahu.
  5. Meningkatkan Suasana Hati.
  6. Meningkatkan Suasana Hati.
    Kecemasan, stres, dan depresi semua itu bisa kita atasi dengan melakukan olahraga bersepeda, karena sebagian aktivitas bersepeda itu juga merupakan kesenangan dan kepuasan yang dapat kita peroleh dari olahraga bersepeda. Bersepeda baik untuk kesehatan mental kita seperti halnya bentuk aktivitas aerobik. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang).
  7. Mencegah Penyakit Jantung.
  8. Mencegah Penyakit Jantung.
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Medical Association menemukan bahwa melakukan olahraga bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebanyak 50 persen. Dan sementara itu bersepeda juga dapat menghilangkan kerutan dan tanda-tanda penuaan. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa mengendarai sepeda secara umum dapat menyehatkan tubuh, bahkan membuat seseorang kelihatan sekitar 10 tahun lebih muda.
  9. Bagus Untuk Meningkatkan Stamina.
  10. Bagus Untuk Meningkatkan Stamina.
    Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga low impact. Dengan begitu bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina, karena kita dapat mengayuh lebih lama daripada melakukan olahraga aerobik atau berjalan kaki dimana yang membuat kita lebih cepat lelah. Selain itu, bersepeda juga dapat memperkuat jantung dan paru-paru, yang memungkinkan kita bekerja lebih efisien, sehingga kita akan merasa lebih mudah melakukannya hingga akhir.
  11. Meningkatkan Keseimbangan.
  12. Meningkatkan Keseimbangan.
    Cukup hanya dengan duduk di sedel sepeda dan menaikkan kaki kita dari tanah kepedal sepeda itu merupakan latihan keseimbangan bagi kita. Saat berbelok akan melibatkan otot inti untuk membuat tubuh kita menjadi tegak. Jangan khawatir jika merasa bergetar pada awal naik sepeda karena hal ini akan terus meningkat dengan sering melakukan praktek belajar bersepeda.
  13. Menjaga Lingkungan Agar Tetap Bersih.
  14. Menjaga Lingkungan Agar Tetap Bersih.
    Saat ini telah banyak masyarakat yang melestarikan kembali olahraga bersepeda. Walaupun hanya jarak dekat seperti mengitari daerah sekitar. Contohnya olahraga bersepeda adalah pergi ke kantor menggunakan sepeda, pergi ke sekolah menggunakan sepeda, pergi ke pasar menggunakan sepeda. Semua Kegiatan tadi dilakukan agar udara sekitar berih dan hijau.
  15. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.
  16. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.
    Menjaga sistem kekebalan tubuh itu sangatlah penting. Dan juga sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa aktifitas tingkat sedang seperti olahraga bersepeda dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.
  17. Memperkuat Sistem Rangka Tubuh.
  18. Memperkuat Sistem Rangka Tubuh.
    Bersepeda memiliki efek yang positiv pada kepadatan dan kekuatan tulang dan secara otomatis kerangka tubuh pun menjadi semakin kuat. Selain itu, bersepeda dapat menguatkan otot.
  19. Menurunkan Tekanan Darah.
  20. Menurunkan Tekanan Darah.
    Bersepeda dapat meningkatkan moderat dan juga mampu mencegah tekanan darah tinggi sehingga mampu mencegah struk. Tekanan darah juga dapat berkurang dengan menurunnya denyut jantung, hal ini merupakan hasil dari berolahraga sepeda dengan teratur.
  21. Memperkuat Sistem Imun.
  22. Memperkuat Sistem Imun.
    Penelitian telah membuktikan bahwa aktivitas fisik seperti bersepeda dapat meningkatkan kemampuan sistem imun. Bersepeda juga mampu menjaga sistem imun dari serangan penyakit.
  23. Menurunkan Berat Badan.
  24. Menurunkan Berat Badan.
    Sama seperti kebanyakan olahraga, bersepeda juga memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan karena saat kita melakukan aktivitas bersepeda akan ada banyak kalori yang terbakar. Manfaat bersepeda selain membakar lemak juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berat badan pun dapat berkurang sedikit demi sedikit.
  25. Menaikkan Tinggi Badan.
  26. Menaikkan Tinggi Badan.

    Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang dipercaya mampu menaikkan tinggi badan. Bersepeda untuk menaikkan tinggi badan bukanlah mitos karena dapat dijelaskan secara ilmiah. Sebenarnya gerakan mengayuh pedal saat kita bersepeda dapat membuat kaki menjadi lebih panjang karena gerakan ini merupakan peregangan.
  27. Membantu Tubuh agar Lebih Rileks.
  28. Membantu Tubuh agar Lebih Rileks.
    Bersepeda di pagi hari dapat membuat kita menjadi lebih rileks karena kita menghirup udara segar di pagi hari. Polusi udara sering membuat kita menjadi mudah stres yang akhirnya berdampak buruk pada tubuh kita. Untuk itu cobalah untuk memulai bersepeda di pagi hari selama 15 sampai 30 menit per hari.
  29. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Sendi.
  30. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Sendi.
    Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan, kepadatan dan keseimbangan tulang serta mencegah tejadinya pemyakit osteoporosis. Hal ini juga bisa membantu memperkecil resiko cidera pada tulang saat kita terjatuh. Bersepeda juga dapat meningkatkan fungsi sendi dengan memberikan latihan beban.
Manfaat Bersepeda sangatlah baik bagi kesehatan tubuh, karena itu kita diwajibkan untuk banyak berolahraga bersepeda agar kita mendapatkan kesehatan yang optimal.