8 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kedelai

Manfaat Kedelai

Kedelai adalah salah satu polong-polongan yang memiliki kekayaan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kedelai dapat diolah menjadi berbagai macam-macam makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan menjadi ciri khas makanan di Indonesia. Bahkan tempe menjadi satu satunya olahan makanan dari kedelai yang menjadi ciri kita.Walaupun kita tahu tidak hanya tempe yang menjadi makanan olahan dari kedelai,tahu serta susu kedelai juga menjadi pilihan makanan produk kedelai.

Di beberapa negara seperti Jepang dan Cina kedelai dijadikan sebagai salah satu makanan yang banyak di konsumsi oleh penduduknya. Hal ini sangat jelas jika melihat dari tingkat kesehatan penduduk di negeri tersebut. Harapan hidup masyarakat dari negara yang mengkonsummsi lebih tinggi dibanding dengan negara yang kurang mengkonsumsi kedelai.Karena kedelai merupakan rajanya protein nabati. Maka dari itu kita harus mengetahui manfaat kedelai, kandungan gizi terutama protein nabati dari kedelai serta efek sampingnya.  Berikut manfaat kedelai:
  1. Mencegah Osteoporosis
    Mencegah Osteoporosis
    Kandungan kedelai didalamnya ada isoflavon, yaitu zat yang memiliki struktur kimia yang mirip dengan estrogen. Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana kalsium tidak dapat terserap maksimal dalam tubuh kita.Biasanya sangat rentan pada kesehatan tulang di usia lanjut. Dikarenakan penyerapan kalsium yang mulai melemah.Untuk wanita yang menjelang masa menapouse ataupun sudah memasuki masa menopause sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung isoflavon tinggi, salah satunya kedelai.Karena saat kita memasuki masa menopause, kadar estrogen dalam tubuh akan menurun dan isoflavon ini berkaitan dengan reseptor estrogen dalam sel yang akan meringankan gejala menopause. Isoflavon akan membantu meningkatkan kepadatan tulang terutama pada wanita serta menawarkan perlindungan terhadap osteoporosis.
  2. Meningkatkan Kualitas Otak
    Meningkatkan Kualitas Otak
    Kedelai mengandung zat lesitin. Lesitin memberikan asupan terbaik bagi kinerja otak. Lesitin mampu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan kandungan pitosterol membantu meningkatkan kekuatan sel saraf.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung
    Menjaga Kesehatan Jantung
    Berdasar penelitian, minyak kedelai sama sekali tidak mengandung kolesterol. Minyak kedelai mengandung asam linolenat yang merupakan sumber makanan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda. Minyak kedelai juga mengandung Lesitin yang mengandung omega 3,6 serta 9 yang merupakan nutrisi premium untuk otak. Disamping bagus untuk otak, lesitin juga bisa mengatasi gangguan sistem otot dan sendi.
  4. Antioksidan
    Antioksidan
    Kedelai memiliki kandungan senyawa yang disebut isoflavon, yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mampu mencegah kerusakan sel yang terjadi akibat polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.
  5. Mencegah Kanker
    Mencegah Kanker
    Isoflavon bertugas sebagai agen antikanker yang bertugas melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker hormon dari rahim, payudara dan prostat.
  6. Mencegah Gejala Menopouse
    Mencegah Gejala Menopouse
    Kandungan isoflavon pada kedelai dapat membantu untuk mengatur hormon estrogen pada wanita. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon pada kedelai mampu mengurangi rasa panas di badan (hot flushes) pada wanita menopause.
  7. Membalikan Efek Endometriosis
    Membalikan Efek Endometriosis
    Kedelai mampu membantu menunda aksi estrogen alami dalam tubuh, yang bertugas untuk bertanggung jawab mengurangi atau mencegah rasa sakit selama menstruasi dan gejala lainnya.
  8. Menjaga Berat Badan
    Menjaga Berat Badan
    Kandungan serat pada kedelai berguan sebagai sebagai alat untuk mengatur berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang bertugas mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga mampu untuk membantu rasa lapar.

Itulah 8 manfaat kedelai yang berguna untuk menyehatkan tubuh Anda.

Posting Komentar