Inilah 9 Cara Mengatasi Komedo

Cara Mengatasi Komedo. Komedo merupakan penyumbatan pori-pori pada kulit sehingga menghasilkan tonjolan kecil berwarna putih dan berwarna hitam. komedo yang berwarna putih sering disebut whitehead sedangka komedo yang erwarna hitam sering disebut dengan blackhead. Biasanya sasaran utama munculnya komedo adalah wajah, sekitar hidung, dan sekitar mata. Komedo juga dapat berkembang menjadi jerawat yang sering disebut papul atau pustule. Munculnya komedo itu sendiri akibat kulit wajah yang kotor, salah satu penyebab tumbuhnya komedo pada kulit adalah karena pori-pori tertutup oleh kotoran okarena itu komedo sangat mudah tumbuh dimuka Anda. Selain itu komedo juga bisa muncul karena kulit wajah berminyak, maka dari itu kita harus selalu menjaga kulit wajah agar tidak tumbuh komedo. Berikut Cara Mengatasi Komedo.

Cara Mengatasi Komedo

Pepaya.
Salah satu keunggulan pepaya adalah mampu mengatasi komedo. Caranya sangat mudah, yaitu buatlah masker dari papaya. Lembutkan potongan buah papaya secukupnya hingga teksturnya seperti bubur kemudian oleskan pada wajah secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.

Lidah Buaya.

Gel yang terdapat pada lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian potong menjadi dua bagian. Ambil gelnya dan oleskan pada wajah secara merata. lakukan hal ini secara rutin 1-2 kali sehari hingga komedo Anda hilang.

Jus Lemon.

Buah Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah dan komedo. Caranya yaitu siapkan 1 gelas jus lemon lalu campur dengan minyak almond dan gliserin. Setelah Anda campurkan ketiga bahan tersebut lalu haluskan ketiga bahan tersebut menggunakan blender. Lalu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu sekitar 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Putih Telur.
Caranya yaitu ambil putih telur dan balurkan (Anda juga dapat menambahkan satu sendok madu) pada wajah yang terserang komedo Anda secara merata, kemudian diamkan sampai mulai mengering, sekitar 25-30 menit. Setelah itu basuh muka Anda menggunakan air hangat.

Pasta Gigi.
Pasta gigi juga kerap digunakan untuk menghilangkan jerawat, tetapi selain itu pasta gigi juga dapat untuk menghilangkan komedo karena terdapat kandungan fluoride dalam pasta gigi. Caranya yaitu mengolesi bagian hidung yangg berkomedo dengan pasta gigi, diamkan selama beberapa menit lalu cuci hingga bersih dengan air.

Kacang Kedelai.
Selain dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tempe, kacang kedelai juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan komedo, caranya sangatlah mudah yaitu sediakan jus kedelai, lalu usapkan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Lobak.
Lobak merupakan sayuran sejenis wortel dan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan komedo. Caranya yaitu ubah lobak menjadi masker pada wajah, dimana Perawatan ini hanya boleh Anda lakukan seminggu sekali.

Baking Soda.
Baking Soda merupakan bahan yang sering digunakan saat membuat kue. Cara melakukan perawatan menggunakan baking soda ialah dengan menempelkan adonan baking soda pada kulit wajah Anda, tunggu selama beberapa menit agar melepas komedo sekaligus sel-sel kulit yang mati.

Air Garam.
Ternayata menghilangkan komedo dari wajah juga bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Fungsi dari air hangat adalah agar dapat membuka pori-pori kulit, sedangkan fungsi dari garam untuk melepas komedo dari kulit. Tunggu selama beberapa menit lalu bilas meggunakan air bersih.

Es Batu.
Anda juga dapat menerapkan metode terapi menggunakan es batu untuk menghilangkan komedo. Caranya yaitu dengan menggosok-gosokkan es batu secara perlahan dan merata pada wajah, agar dapat memperkecil lubang pori-pori pada hidung sehingga dapat mencegah adanya komedo, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal di anjurkan membersihkan wajah terlebih dahulu dengan krim pembersih wajah.

Nah sekarang sudah lebih paham kan cara mengatasi komedo.